Apa Itu Komunikasi Persuasif, Ciri-Ciri, Faktor, dan Etika ?

Apa Itu Komunikasi Persuasif ?

Apa Itu Komunikasi Persuasif, Ciri-Ciri, Faktor, dan Etika ?


Komunikasi Persuasif adalah suatu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mengubah sikap atau mempengaruhi, kepercayaan, dan perilaku seseorang sehingga mau bertindak sesuai dengan yang diinginkan atau diharapkan oleh komukator.

Pengertian lain persuasif adalah suatu bentuk komunikasi yang bersifat membujuk orang lain dengan carahalus sehingga orang tersebut mau melakukan sesuatu yang diharapkan atau diinginkan komunilator.
Komunikasi persuasif dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara tulisan, lisan ataupun visual.

Individu yang persuasif merupakan seorang individu yang pandai dalam membujuk orang lain untuk mempercayai untuk melakukan sesuatu melalui penalaran atau dengan godaan.
Umumnya bentuk komunikasi persuasif dilakukan dengan cara mengubah pengetahuan seseorang akan suatu hal, sehingga perilaku orang tersebut pun akan ikut berubah.

Apa Saja Ciri-Ciri Komunikasi Persuasif ?


Sebuah komunikasi persuasif memiliki karakteristik yang berbeda dengan cara atai bentuk komunikaai yang lain. Mengacu pada pengertian kpmunikasi persuasif, adapun ciri-ciri komunikasi persuasif :


  • Menggunakan kata-kata yang bersifat membujuk atau mengajak.
  • Menggunakan fakta atau bukti, sehingga upaya mempengaruhi orang lain menjadi lebih kuat.
  • Tidak memaksakan pendapat untuk menghindari sebuah konflik.
  • Menggunakan kata-kata yang dapat membuat orang lain, tertarik, terprovokasi, atau antusias.


Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Persuasif ?


Keberhasilan sebuah komunikasi persuasif untuk mempengaruhi orang lain dapat ditentukan dengan beberapa faktor.

Berikut faktor yang mempengaruhi komunikasi persuasif :



  • Komunikator yang kredibilitas atau sumber pesan adalah salah satu faktor yang sangat menentukan didalam keberhasilan komunikasi persuasif.
  • Isi pesan yang disampaikan saat berkomunikasi, masuk akal atau tidak, apakah terdapay fakta atau bukti pendukung.
  • Faktor pengaruh dari lingkungan, kebiasaan dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi suatu masyarakat.
  • Kesinambungan dan pengertian pesan yang disampaikan, pesan yang disampaikan dengan cara berulang-ulang akan mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam komunikasi persuasif.


Apa Saja Etika Komunikasi Persuasif ?


Banyak orang yang beranggapan bahwa komunikasi persuasif sama dengan komunikasi yang propaganda, padahal propaganda dengan komunikasi persuasif tidak sama. Menurut seorang profesor komunikasi dari Northe University, terdapat etika dan batasan tertentu yang harus untuk dipatuhi dalam menyampaikan komunikasi persuasif agar tidak menjadi propaganda.

Berikut etika komunikasi persuasif :



  • Komunikator harus mempunyai ketertarikan yang besar terhadap sebuah isu tertentu.
  • Komunikato harus memiliki sebuah pemahaman yang lebih baik tentang isu tertentu dibandingkan dengan orang lain.
  • Komunikator harus memiliki suatu pemahaman yang lebih baik dari media massa mengenai isu tertentu.
  • Komunikator mempengaruhi orang lain agar bisa melakukan suatu hal tertentu.